Gorden adalah salah satu elemen terpenting dalam desain atau dekorasi interior, membantu menunjukkan gaya arsitektur interior sekaligus menciptakan aksen di rumah Anda. Setelah menyelesaikan interior rumah, hal selanjutnya yang Anda pikirkan adalah membeli gorden. Tugas ini tampaknya mudah tetapi sebenarnya cukup sulit karena saat ini di pasaran ada banyak model, desain, dan warna gorden yang berbeda yang membuat Anda jatuh ke dalam “matriks”.

Lewatlah sudah hari-hari ketika Anda hanya menggantung beberapa tirai putih kecil di setiap jendela di rumah Anda. Saat ini, tirai tidak hanya digunakan untuk menambahkan privasi dan fungsionalitas ke rumah, tetapi jika dipilih dengan benar, tirai dapat membantu menambah gaya dan menjadi titik fokus sebuah ruangan.

 

Rahasia memilih gorden dan gorden yang tepat

Prasyaratnya adalah Anda harus memilih gorden dan gorden sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda, seperti menghalangi cahaya sebanyak mungkin, menciptakan privasi atau sekadar mendekorasi jendela.

Setelah Anda menentukan tujuan Anda untuk tirai, Anda akan mempertimbangkan bahan tirai, baik itu kayu, logam, komposit atau kain lembut.

baca juga ; bangun rumah bogor

Tentukan tipe kamar

Anda perlu mempertimbangkan ruangan yang akan menggunakan gorden dan kerai karena jenis kamar yang berbeda akan membutuhkan jenis gorden dan kerai yang berbeda pula.

Tirai blackout selalu menjadi pilihan utama untuk kamar tidur, sementara di area dapur Anda menginginkan tirai yang memungkinkan masuknya cahaya alami sebanyak mungkin.

Saat memilih untuk membeli gorden dan gorden untuk dapur, perlu untuk menghitung kelembaban area gorden akan digantung. Anda tidak ingin tirai melengkung atau menekuk di bawah tekanan kelembaban dan panas. Tirai kayu imitasi selalu menjadi pilihan yang bagus untuk dapur karena mereka dapat menahan tekanan ini, terutama jika jendela berada di dekat kompor atau wastafel. Selain itu, kerai kayu juga sangat mudah dibersihkan dan mudah dibersihkan dengan kain lembab.

Gaya rumah

Saat memilih gorden, gorden, Anda juga perlu memperhatikan gaya rumahnya. Misalnya, jika rumah memiliki gaya dan nuansa pantai, gorden dan kerai dengan warna terang atau putih akan sesuai.

Rahasia memilih gorden dan gorden yang tepat untuk rumah – 3
Saat memilih gorden dan gorden, Anda juga perlu memperhatikan gaya interior ruangan (Foto: Canva).

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tekstur dan pola. Jika rumah Anda bergaya farmhouse, roman blind dengan kain bergaris selalu menjadi pilihan terbaik.

Keuntungan dan kerugian

Setiap jenis gorden memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan tirai kain, Anda perlu mencuci dan membersihkannya secara teratur. Jadi, jika Anda menginginkan sesuatu yang mudah dibersihkan, kerai mungkin menjadi pilihan terbaik.

Rahasia memilih gorden dan gorden yang tepat untuk rumah – 4
Setiap jenis gorden dan gorden memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing (Foto: Canva).

Tirai juga lebih terjangkau dan mengontrol cahaya yang masuk ke ruangan lebih baik. Namun, jika Anda mencari lebih banyak variasi, kerai adalah pilihan yang lebih baik karena tersedia dalam ribuan tekstur, pola, dan warna yang berbeda.

baca juga ; jasa renovasi bogor

Keamanan

Ini mungkin faktor terpenting ketika Anda memutuskan jenis kerai atau tirai apa yang akan digunakan di rumah Anda. Jika Anda memiliki anak kecil di keluarga Anda, Anda harus menghindari tirai dengan tali panjang yang menjuntai. Tirai nirkabel menjadi semakin populer bukan hanya karena faktor keamanan tetapi juga karena desainnya yang ramping dan minimalis.

Tirai bermotor juga sedang tren, dan bagi mereka yang menginginkan rumah pintar, Anda bahkan dapat mengontrolnya dengan aplikasi ponsel dan pengatur waktu.

Singkatnya, Anda tidak perlu terburu-buru untuk memutuskan pilihan gorden dan kerai untuk rumah Anda, tetapi luangkan waktu untuk menjelajahi sejumlah gaya dan bahan untuk menemukan jenis gorden yang paling sesuai dengan setiap ruang di rumah.