SCHEDULE DESIGN CONSULTATION

Pilihan Rumah Kontainer

Beberapa tahun terakhir, terdapat beberapa konsep rumah kontainer yang lagi ramai diperbincangkan dan salah satunya untuk sebuah bangunan. Adapun penggunaan container tersebut bisa untuk ruang usaha misalnya kafe atau restoran, hingga dijadikan kantor ataupun rumah tinggal. Mempunyai sebuah rumah hunian adalah impian setiap orang. Akan tetapi harga rumah saat ini semakin mahal karena bahan bangunan, lahan tanah, serta biaya untuk tenaga kerja juga semakin mahal.

Dalam hal ini kalian tak perlu khawatir karena kalian sudah bisa punya sebuah rumah yang terbilang cukup nyaman dengan biaya dibawah Rp 100 juta yakni dengan membangun rumah berbahan container. Kalian bisa pakai container bekas yang kemudian disulap jadi hal baru yang pastinya lebih indah dan menakjubkan. Sebenarnya sudah dari beberapa tahun lalu, banyak orang sudah mulai memanfaatkan keberadaan kontainer untuk dijadikan sebuah tempat tinggal. Caranya juga terbilang gampang, yakni dengan melakukan modifikasi, lalu menambahkan pintu dan jendela, kemudian kontainer sudah bisa dijadikan sebuah rumah yang membuat kalian nyaman dan aman.

Rumah yang terbuat dari container bisa dibilang lebih aman jika dibandingkan rumah yang dibangun dengan tembok semen ataupun kayu. Rumah kontainer akan lebih aman dari beberapa bencana seperti kebakaran, banjir, dan bahkan dari gempa sekalipun. Dalam hal ini kalian wajib sediakan lahan kosong serta kontainer yang masih layak pakai dan bagus. Kalian bisa pilih ukuran dan kondisi kontainer yang tepat untuk rumah impian kalian tersebut. Biasanya untuk harga kontainer akan disesuaikan dengan kondisi serta ukuranya tersebut. Jika kalian nantinya tidak punya atau belum ada biaya guna memasang sebuah AC, kalian bisa menanam pepohonan supaya  tetap sejuk dan teduh.

baca juga : Toko Bahan Gorden Surabaya

Toko Bahan Gorden Bagus Surabaya

  1. Pemilihan lokasi yang tepat

Prinsip pertama dalam pembangunan rumah dengan bahan kontainer yakni pemilihan lokasi yang tepat. Dalam membangun sebuah rumah dari bahan apapun, pasti kalian membutuhkan yang namanya lahan. Sebelum proses pembangunan dilakukan, kalian harus pastikan sudah merancang peletakan instalasi yang ada di dalam rumah tersebut.

  1. Perancangan struktur kontainer

Prinsip kedua yakni perancangan struktur kontainer. Kontainer pada dasarnya memang disiapkan untuk ditumpuk secara sejajar ke atas. Maka dari itu, kalian harus perhatikan struktur bangunan ketika akan membuat pintu ataupun jendela pada dinding kontainer. Pastikan kalian tidak salah membuat pintu ataupun jendela sebab bisa melemahkan strukturnya.

  1. Perencanaan utilitas serta sistem mekanis

Untuk bisa memperoleh rumah kontainer, kalian harus faham prinsip ketiga sebelum membangun, yakni berkaitan dengan perencanaan utilitas serta sistem mekanisnya. Bangunan kontainer perlu ruang guna jalur pipa, listrik, air bersih, serta sistem pendingin udara. Apabila kalian ingin mempertahankan estetika bentuknya, maka kalian harus rencanakan sejak awal bagian peletakkan utilitas serta sistem mekanis dalam rumah container tersebut.

Itulah prinsip penting yang wajib kalian pahami sebelum kalian membangun rumah dengan bahan kontainer impian kalian. Jika masih bingung dengan desain yang akan kalian terapkan untuk rumah kontainer, maka kalian wajib menyimak ulasan selanjutnya yang berkaitan dengan desain rumah berbahan kontainer.

Desain Rumah Kontainer

Nah, ingin sekali punya rumah idaman dengan memanfaatkan bahan kontainer, namun masih bingung desain yang harus diterapkan, maka berikut ini ada bebebarapa desain yang bisa menginspirasi kalian untuk dicontoh ataupun dimodifikasi sesuai dengan keinginan, yakni:.

  1. Kontainer biru sederhana

Desain pertama yang bisa kalian coba terapkan untuk rumah idaman kalian yang terbuat dari kontainer yakni kontainer biru sederhana. Rumah kontainer ini khusus didesain dan didekorasi dengan memakai bahan yang ramah lingkungan. Struktur bangunannya dibiarkan sederhana yang menggunakan kombinasi bahan kayu dengan lapisan bambu di bagian dinding dan lantainya. Untuk bagian atas serta belakangnya dipenuhi tanaman supaya ruang dalam kontainer jadi lebih sejuk. Rumah container desain ini punya toilet kompos dengan dek yang berbahan botol soda daur ulang.

  1. Rumah kontainer bertumpuk

Untuk bisa punya rumah kontainer kalian juga bisa memilih desain rumah kontainer bertumpuk. Rumah kontainer tersebut bisa menampung sekitar 3 ruang untuk kamar tidur di dalamnya. Desain ini terdiri dari 4 kontainer, yang mana dua kontainer berada di lantai dasar dan untuk yang dua lainnya berada di lantai atas. Rumah tersebut terdiri tiga kamar tidur, dapur, dua kamar mandi, serta ruang tamu yang cukup luas.

  1. Perpaduan kontainer dan kayu

Desain yang bisa kalian coba aplikasikan pada rumah kontainer kalian yang baru yakni perpaduan kontainer dan kayu. Kesan hangat yang diciptakan dari rumah container desain ini merupakan hasil dari perpaduan dengan kayu. Rumah kontainer ini mengangkat perpaduan material logam, kayu, serta interior rumah yang sederhana. Dengan bahan kontainer yang kaku dengan perpaduan kayu akan disulap menjadi rumah yang hangat.

  1. Kontainer bergaya modern

Adapun desain rumah kontainer yang lainnya yakni bergaya modern. Rumah ini lebih inovatif dengan bahan kontainer sejumlah 14. Kontainer tersebut akan disulap jadi sebuah rumah besar yang berdesain modern minimalis serta lengkap dengan sebuah kolam renang. Beda dengan rumah desain klasik,  masih bisa diperoleh dengan desain ini karena semakin tambah detail rumah maka harga jauh lebih mahal.

Keuntungan Memiliki Rumah Kontainer

Memiliki sebuah rumah memang keinginan bagi setiap individu. Namun untuk bisa memperoleh rumah hunian yang nyaman namun harga terjangkau kalian bisa menggunakan kontainer untuk bahan dasar rumah kalian. Berikut ini ada beberapa keuntungan yang bisa kalian ketahui dengan memiliki rumah kontainer, yakni:

  1. Harga

Keuntungan dari rumah kontainer yakni harganya hemat. Jika rumah kontainer maka pasti banyak yang ingin punya rumah ini. Namun, tak semua orang menyukai rumahdengan bahan ini. Meskipun begitu, rumah dengan bahan kontainer merupakan pilihan yang tepat untuk kalian yang mau mempunyai bangunan nyaman dengan harga miring. Rumah kontainer merupakan bentuk nyata dari tips membangun rumah hemat.

  1. Mudah dimodifikasi

Keuntungan kedua yakni kalian bisa memodifikasi rumah kontainer dengan mudah. Meski rumah dengan desain minimalis sederhana telah menjadi tren kekinian dan populer, namun tak sedikit pula mereka yang bosan dengan desain tersebut. Dengan begitu, rumah kontainer adalah solusi yang cocok buat kalian yang merasa bosan dengan desain minimalis.

  1. Tahan terhadap bencana

Rumah container ini juga tahan terhadap bencana. Hal ini karena rumah kontainer terbuat dari bahan solid seperti besi kontainer yang kuat sehingga tahan terhadap  beragam bencana seperti banjir, kebakaran, ataupun gempa.

  1. Menghemat ruang

Keuntungan lainnya yakni rumah kontainer bisa menghemat kondisi keuangan kalian. Hal ini karena ruang yang bisa dibilang serba terbatas, maka kalian akan dituntut untuk bisa menemukan bagaimana caranya menata rumah dengan kreatif serta seefektif mungkin.