SCHEDULE DESIGN CONSULTATION

Tips Ruangan Minimalis Dengan Aturan 60-30-10

Apa yang muncul di pikiran Anda jika mendengar kata ruangan? Ibarat seseorang yang jatuh cinta pada pandangan pertama melalui penampilannya, ruangan minimalis juga mampu menarik mata seseorang melalui dekorasinya. Sebuah ruangan akan terlihat menarik jika memiliki penataan yang rapi. Penataan yang rapi bisa Anda dapatkan dengan aturan 60-30-10. 

Aturan 60-30-10 biasanya digunakan oleh desainer agar menciptakan ruangan dengan warna yang seimbang.

Tentukan warna utama ruangan Anda

Setiap orang pasti memiliki warna kesukaannya masing – masing. Pada dasarnya warna pada sebuah ruangan mampu menunjukkan jati diri pemiliknya. Ini karena umumnya, warna cat akan disesuaikan dengan warna kesukaan pemiliknya.

Pilihlah warna utama yang mampu memberikan kesan ruangan sesuai dengan yang Anda inginkan. Umumnya sebagian besar pemilik rumah akan memakai warna netral seperti putih, krem dan biru muda.

Gunakanlah warna cat yang dominan pada 60% ruangan Anda, seperti pada warna cat dan hiasan dinding, serta semua furniture yang berskala besar,

Sebagai contoh, warna biru langit bisa digabungkan dengan warna abu – abu untuk menciptakan ruangan yang rileks. 

Isi 30% ruangan dengan warna tambahan

Selanjutnya adalah warna tambahan. Tambahkan atau padu padankan ruangan yang sudah di cat dengan 60% warna utama dengan warna pendukung. Warna ini digunakan untuk membuat ruangan menjadi terlihat lebih berwarna. Anda bisa menambahkan warna – warna pastel untuk terlihat lebih mencolok. 

Tipsnya adalah 30% warna bisa Anda terapkan pada furniture.

Misalnya pada lampu hias, karpet, ataupun gorden untuk membuat ruangan terlihat lebih menarik. Sebagai contoh, jika ruangan Anda dihiasi dengan 60% warna dusty pink sebagai warna utamanya, maka paduan 30% warna netral seperti putih atau biru mint akan menjadi paduan yang selaras.

(Baca Juga: Tipe Gorden Jendela Mana yang Pas untuk Rumah Anda?)

10% yang jangan dilewatkan

Sisanya adalah 10% terakhir. 10% bisa Anda terapkan dengan mengaplikasikan warna – warna cerah untuk mencairkan warna ruangan. Anda bisa bermain dengan beberapa gradasi warna yang diterapkan pada motif misalnya. Contohnya, jika ruangan Anda didominasi dengan putih dan krem sebagai warna utama, maka Anda bisa berikan aksen 10% warna cokelat tua atau cokelat kemerahan pada kursi.

10% warna ini bisa diterapkan pada bantal sofa, vas, atau lukisan.

 

Dengan aturan warna ini, dijamin ruangan minimalis Anda akan terlihat lebih manis dan menarik. Sehingga membuat siapa saja betah berlama – lama. Jadi, warna apa yang ingin Anda aplikasikan pada ruangan Anda?