SCHEDULE DESIGN CONSULTATION

Cara Merawat dan Membersihkan Vertical Blind

Cara Merawat Vertical Blind – Vertical Blind adalah jenis penutup jendela atau tirai yang terdiri dari jalur-jalur vertikal yang biasanya terbuat dari kain, vinyl, atau bahan lainnya. Jalur-jalur ini digantung dari rel di bagian atas jendela dan dapat diputar atau digeser untuk mengatur tingkat cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Vertical blind sangat umum digunakan di kantor, rumah, dan tempat-tempat lain karena kepraktisannya dalam mengatur cahaya dan privasi.

cara merawat vertical blind

Ciri utama dari vertical blind adalah orientasinya yang vertikal, berbeda dengan horizontal blind yang memiliki jalur horizontal. Jalur-jalur vertikal ini seringkali dapat diputar hingga 180 derajat atau digeser ke samping untuk membuka atau menutup jendela.

Vertical blind memiliki beberapa keunggulan, termasuk kemampuan untuk mengontrol tingkat cahaya dan privasi, serta tampilan yang modern dan bersih. Mereka juga mudah dirawat dan membersihkan. Vertical blind sering digunakan di ruang besar seperti kantor dan ruang tamu, dan mereka cocok untuk jendela besar atau pintu geser.

Tergantung pada preferensi dan kebutuhan Anda, vertical blind dapat tersedia dalam berbagai bahan, warna, dan gaya desain. Beberapa material yang umum digunakan meliputi kain, vinyl, dan bahkan bahan tahan air untuk penggunaan di area yang rentan terhadap kelembaban.

Cara merawat Vertical Blind agar Awet

Merawat vertical blind dengan baik dapat membantu memperpanjang umur pakainya dan menjaga penampilan yang baik. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat vertical blind agar tetap awet:

  1. Pembersihan Rutin:
    • Lakukan pembersihan rutin dengan menyedot debu secara teratur. Gunakan penyedot debu atau sikat lembut untuk membersihkan debu dari jalur-jalur vertikal. Pembersihan rutin akan mencegah debu menumpuk dan memudahkan perawatan.
  2. Penggunakan Sikat Bulu Lembut:
    • Gunakan sikat bulu lembut atau sikat makeup untuk membersihkan jalur-jalur dan bagian-bagian lainnya. Hindari penggunaan sikat yang kasar yang dapat merusak atau menyebabkan goresan pada material.
  3. Hindari Bahan Pembersih Yang Kuat:
    • Hindari penggunaan bahan pembersih yang kuat atau berbasis alkohol, karena ini dapat merusak atau memudahkan warna material. Gunakan cairan pembersih yang lembut atau campuran air dan deterjen ringan.
  4. Periksa Penyekat Cahaya:
    • Pastikan bahwa penyekat cahaya di antara jalur-jalur vertical blind berfungsi dengan baik. Jika ada yang rusak atau hilang, pertimbangkan untuk menggantinya agar tetap menjaga privasi dan tingkat cahaya yang diinginkan.
  5. Hindari Menarik Terlalu Kencang:
    • Saat mengoperasikan vertical blind, hindari menarik tali atau jalur dengan terlalu kencang. Perlakukan dengan lembut untuk mencegah kerusakan pada mekanisme atau material.
  6. Lepaskan untuk Membersihkan:
    • Jika memungkinkan, lepaskan vertical blind dari relnya untuk membersihkan dengan lebih mudah. Ini memungkinkan Anda membersihkan dengan lebih menyeluruh dan merawat bagian-bagian yang sulit dijangkau.
  7. Hindari Paparan Langsung Matahari Berlebihan:
    • Hindari paparan langsung sinar matahari berlebihan, karena ini dapat menyebabkan pucat atau perubahan warna pada material vertical blind. Gunakan tirai tambahan atau peredam sinar matahari jika diperlukan.
  8. Simpan dengan Baik:
    • Jika Anda menyimpan vertical blind untuk sementara waktu, pastikan untuk melipat atau menggantungnya dengan benar agar tidak terlipat atau rusak.
  9. Ikuti Petunjuk Perawatan Produsen:
    • Selalu ikuti petunjuk perawatan yang disediakan oleh produsen. Instruksi ini akan memberikan panduan khusus untuk jenis material dan desain vertical blind yang Anda miliki.

Dengan merawat vertical blind secara rutin dan dengan hati-hati, Anda dapat memastikan bahwa mereka tetap awet dan memberikan fungsi dan penampilan yang optimal.

baca juga : Vertical Blind Surabaya

Cara membersihkan Vertikal Blind yang sudah kotor

Membersihkan vertical blind dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Persiapan:
    • Matikan kipas angin atau AC untuk menghindari debu berterbangan.
    • Tutup jendela untuk menghindari debu masuk kembali setelah membersihkan.
  2. Pembersihan Ringan:
    • Gunakan sikat bulu lembut atau penyedot debu dengan lampu hembusan udara ringan untuk menghilangkan debu yang menempel pada vertical blind. Anda juga dapat menggunakan sikat makeup yang bersih.
  3. Membersihkan Noda:
    • Untuk noda atau kotoran yang lebih sulit dihilangkan, gunakan kain lembut yang telah dicelupkan ke dalam campuran air hangat dan deterjen ringan. Peras kainnya hingga lembap, lalu bersihkan bagian yang kotor dengan lembut.
  4. Membersihkan Kotoran Berat:
    • Untuk kotoran yang sulit dihilangkan, pertama-tama lepaskan vertical blind dari penjepitnya. Kemudian, rendam vertical blind dalam air sabun atau cairan pembersih khusus selama beberapa jam atau semalam. Gosok lembut dengan sikat lembut atau spons, lalu bilas dan keringkan dengan baik sebelum dipasang kembali.
  5. Membersihkan Bagian Logam atau Plastik:
    • Bersihkan bagian logam atau plastik dengan lap yang telah dibasahi dengan cairan pembersih khusus logam atau plastik. Pastikan untuk mengeringkannya dengan baik agar tidak terjadi korosi atau kerusakan.
  6. Perawatan Rutin:
    • Lakukan pembersihan rutin untuk mencegah debu menumpuk. Gunakan penyedot debu atau sikat bulu lembut setiap minggu atau dua minggu sekali.
  7. Hindari Penggunaan Bahan Kimia Kuat:
    • Hindari penggunaan bahan kimia kuat atau pembersih yang dapat merusak material vertical blind. Selalu periksa petunjuk perawatan yang disediakan oleh produsen.
  8. Vakum:
    • Jika vertical blind dapat dilepas, gunakan alat vakum dengan penyedot debu atau sikat lembut untuk membersihkan debu secara menyeluruh.

Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk perawatan yang disediakan oleh produsen untuk memastikan bahwa Anda membersihkan vertical blind dengan benar tanpa merusaknya.