SCHEDULE DESIGN CONSULTATION

Cara Membuat Gorden Sendiri Dengan Pola yang Tepat

Membuat gorden sendiri – Siapapun yang sedang membuat kamar baru atau menata ulang rumah baru mungkin akan khawatir dengan biaya mendekorasi rumah, bukan? Karena mengerjakan pekerjaan rumah setiap saat Setiap perubahan membutuhkan uang. Cara lain untuk menghemat uang adalah dengan mencoba melakukan beberapa hal sendiri, seperti DIY membuat gorden sendiri atau menjahit kain sisa menjadi tirai, dll.

membuat gorden sendiri

Hari ini, Yumindo memiliki artikel yang bagus untuk membantu Anda menghemat anggaran. Plus, Anda bisa memilih sendiri jenis gorden dengan 7 cara membuat gorden sendiri, lebih hemat dan cantik!

7 cara membuat gorden sendiri Pilih pola yang tepat, gaya favorit Anda!

Tirai Serut

Ukur lebar dan tinggi bukaan jendela. Potong kain dengan margin 4 inci di tepi lebar dan 10 inci di tepi panjang. Lipat bagian samping gorden terlebih dahulu. Dengan melipat tepi kain menjadi 1 inci, gunakan setrika untuk menyetrika. Kemudian lipat lagi tepi kain dan jahit sepanjang garis. (Lakukan hal yang sama dengan sisi kain yang lain.)

Selanjutnya adalah membuat bagian kepala dan ujung gorden. Lipat tepi atas ke bawah 3 inci.Gunakan setrika untuk menyetrika. Kemudian lipat lagi tepi kain dan jahit sepanjang garis. (Lakukan hal yang sama dengan tepi bawah kain.)

Masukkan rel gorden ke dalam lubang gorden. Kemudian Anda dapat menginstalnya.

Tips : Siapa pun yang ingin menjahit gorden dengan nyaman Anda dapat membeli mesin jahit kecil. Anda tidak perlu mesin besar. Lebih ringan dan mudah dibawa kemana-mana. ditambah lagi harganya lebih murah Mesin jahit mini dengan harga menarik bisa kamu temukan di market place.

baca juga ; Cara memilih Gorden sesuai fungsinya

Tirai bergaris

Ukur lebar dan tinggi bukaan jendela. Potong gorden dengan uang saku di sekitar tepinya. Di sisi lebar, beri kelonggaran 3 inci, dan di sisi panjang, beri kelonggaran 10 inci.

Potong kain pelapis sesuai lebar dan tinggi bukaan jendela tanpa meninggalkan kelonggaran jahitan.
Buatlah 4 lembar gorden ukuran 4X5 inchi dengan jarak antar gorden sekitar 6 inchi (jumlah gorden bergantung pada ukuran gorden jendela).

Lipat kain menjadi dua untuk potongan gorden. dengan sisi-sisinya disatukan Kemudian jahit sepanjang jahitan sehingga garis jahitan sekitar ¼ inci dari tepi kain (kerjakan ke-4 bagian).

Balik kain ke kanan. Posisikan jahitan di tengah. Kemudian gunakan besi untuk berguling.
Balikkan kain utama menghadap ke bawah. Kemudian letakkan kain pelapis di tengah. Sisakan 5 inci dari tepi atas dan bawah kain utama dan 1,5 inci dari tepi samping. Gunakan pin untuk menyatukan kedua potongan kain.

Lipat tepi kain ¾ inci, setrika tepi kain, lalu lipat lagi tepinya. Setrika dan gunakan pin untuk menyematkan kain.

Jahit tepi gorden di sepanjang garis. Sisakan sekitar ¼” ruang dari dalam (sama untuk sisi lain kain).
Untuk tepi bawah gorden, lipat kain hingga 1 inci, lalu setrika. dan lipat kain hingga 4 inci lagi Setrika di atas garis lipatan lagi.

Jahit tepi bawah gorden, mulai dari sudut bawah terlebih dahulu.

tepi tirai atas Lipat kain 1 inci ke atas, lalu setrika. dan lipat kain hingga 4 inci lagi Setrika di atas garis lipatan lagi. (Tidak perlu menjahit tepinya lagi)

Lipat batang gorden di bawah tepi gorden. dan lipat tepi atas strip kain agar sejajar dengan garis gorden utama Kemudian jahit bersama di sepanjang garis.

Tirai Berlubang

Ukur lebar dan tinggi bukaan jendela. Potong kain di sekitar tepinya. Di sisi lebar, beri kelonggaran 4 inci, dan di sisi panjang, beri kelonggaran 16 inci.

Lipat tepi kain menjadi 1 inci Gunakan setrika untuk menyetrika. Lipat tepi kain lagi. Masukkan jaring lem ke dalamnya. Kemudian gunakan besi untuk berguling. (Lakukan hal yang sama dengan sisi kain yang lain.)
Lipat tepi atas ke bawah 4 inci.Gunakan setrika untuk menyetrika. Kemudian lipat lagi tepi kain. Masukkan jaring perekat di atas sudut kain. termasuk di sepanjang tepi kain Setrika di atas tempat jaring perekat dimasukkan. (Lakukan hal yang sama dengan tepi bawah kain.)

Tempatkan selotip lubang di tepi atas tirai. menggeser jarak ke tengah dan gunakan pin untuk menempel pada gorden

Gunakan pulpen/pensil kain untuk menggambar lingkaran di sepanjang lubang selotip. Kemudian lepaskan pita lubang yang diikat. Potong lingkaran kain di sepanjang garis yang Anda gambar.
Tempatkan selotip lubang pada kain lagi. Dengan menempatkannya sejajar dengan potongan kain secara melingkar. Kemudian satukan lubang tali untuk menyelesaikannya.

Tips : Selain membuat gorden Kita juga bisa membuat penemuan-penemuan sederhana ala DIY untuk mendekorasi rumah, seperti taplak meja, keset kaki, atau membuat lemari gantung atau pot tanaman sendiri. Ini membantu kita untuk menghemat biaya. Selain itu, Anda juga dapat memilih gaya yang Anda sukai.

baca juga : Hilangkan Debu Gorden

Hilangkan Debu Gorden Dengan 5 Langkah Ini