SCHEDULE DESIGN CONSULTATION

3 Bahan Gorden yang Dapat Mempercantik Ruang Kerja

Gorden menjadi salah satu item yang penting dan dibutuhkan tidak hanya untuk hunian namun untuk perkantoran. Selain digunakan untuk menghalangi dan membatasi masuknya cahaya, gorden juga dapat mempercantik tampilan ruangan. Oleh sebab itu, bahan dan model gorden dibuat bervariasi. Biasanya, bahan gorden untuk kantor dapat dipilih dari beberapa jenis bahan. Apa saja?

Jenis Bahan Gorden yang Cocok untuk Kantor

  1. Bahan Kain

Kain sudah menjadi sesuatu yang umum digunakan untuk membuat gorden. Warna yang beragam dan jenis kain yang bervariasi dapat membuat tampilan gorden lebih menarik. Bahan kain yang digunakan untuk gorden kantor dapat berasal dari kain vinetik. Jenis kain tersebut memiliki tekstur yang sedikit kasar namun cukup kuat dan awet digunakan.

Baca juga : Tips Custom Gorden Kantor Pilihan Terbaik Menurut Yumindo

Biasanya, kain vinetik digunakan untuk membuat gorden jenis vertical blind yang dibuka ke samping. Selain itu, bahan lain yang banyak dijumpai untuk penggunaan kantor adalah kain black out. Karakteristiknya yaitu tebal sehingga efektif untuk menahan cahaya dari luar agar tidak masuk, dan cahaya dari dalam agar tidak tembus ke luar.

  1. Bahan Aluminium

Bahan gorden kantor lain yang kerap digunakan adalah alumunium. Bahan aluminium tersebut dibentuk menyerupai bilah panjang yang pipih sehingga mudah untuk dibuka tutup. Selain itu, gorden dari aluminium tersebut juga diproduksi dalam beberapa pilihan warna sehingga dapat disesuaikan dengan nuansa ruang kantor. Biasanya, jenis gorden yang dibuat adalah horizontal blind.

Berbeda dengan vertical blind, jenis gorden horizontal blind dibuka tutup dari atas ke bawah. Namun, dari segi potensi untuk mempercantik ruangan keduanya hampir sama. Gorden dari bahan aluminium tersebut cocok digunakan untuk perkantoran karena memberikan kesan yang formal. Selain itu, pengaturan cahaya yang masuk pun dapat dilakukan dengan mudah.

  1. Bahan Kayu

Selain kain dan aluminium, masih terdapat pilihan bahan lain untuk membuat gorden yaitu kayu. Gorden yang terbuat dari kayu umumnya memang dipasang di villa, hunian, apartemen, dan hotel. Namun, karena karakteristik bahan kayu yang fleksibel dengan segala suasana, penggunaannya di kantor pun tetap cocok dan mampu memberikan kesan yang formal.

Bentuk gorden yang terbuat dari kayu biasanya adalah horizontal blind. Kayu yang digunakan sudah melewati pengecekan kualitas dan pemrosesan yang cermat sehingga kayu memiliki bentuk akhir yang pipih dan kuat. Pengecatan kayunya pun melalui proses cat oven yang bertujuan agar hasil pengecatannya terhindar dari kotoran, debu, dan tahan terhadap segala cuaca.

Bahan gorden kantor memiliki pilihan yang beragam agar memudahkan saat menyesuaikan dengan kebutuhan. Penggunaan gorden dari bahan aluminium dan kain vinetik cocok untuk ruangan luas sehingga dapat dengan mudah mengatur masuknya cahaya. Sedangkan, gorden yang terbuat dari kain tebal dan kayu lebih cocok untuk ruangan yang lebih kecil atau ruangan khusus.